AL-TABYIN PERAN MANAJEMEN MUTU TERPADU DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU dI SMAN 9 PINRANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan, peran, hasil, dan implikasi dari penerapan manajemen mutu terhadap pengembangan kompetensi profesional guru di SMAN 9 Pinrang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Skripsi ini membahas tentang peran manajemen mutu terpadu dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMAN 9 Pinrang. Dimana manajemen mutu terpadu merupakan sistem perbaikan secara terus menerus. Sistem yang diterapkan tersebut sangat berdampak dengan peningkatan kualitas sekolah.
Hasil Penelitian ini membuktikan bahwa peran manajemen mutu terpadu dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMAN 9 Pinrang telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari (1) Pelaksanaan manajemen mutu terpadu di Sman 9 Pinrang telah meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pelatihan berkelanjutan dan evaluasi rutin. (2) Keberhasilan peran manajemen mutu teradu terlihar dari peningkatan kompetensi guru, guru lebih adaptif tentang metode pengajaran (3) Evaluasi rutin dan umpan balik peserta didik telah memperbaiki kualitas pengajaran secara keseluruhan (4) Implikasi peran manajemen mutu terpadu di SMAN 9 Pinrang mencakup peningkatan dan evaluasi berkala.
Kata Kunci: Manajemen Mutu Terpadu, Kompetensi, Profesional, Guru, Sekolah