AL-TABYIN PERAN MANAJEMEN PENDIDIKAN INKLUSIF TERHADAP PENINGKATAN LAYANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI (SLBN) PAREPARE

  • Abdil
Keywords: Manajemen, Peran, pendidikan inklusif

Abstract

Tulisan ini membahas tentang Peran Manajemen Pendidikan Inklusif Terhadap Peningkatan Layanan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Sekolah Luar Biasa (SLBN) Parepare yang setiap anak memiliki hak yang sama atas pendidikan yang berkualitas, dan bahwa tidak ada diskriminasi dalam pendidikan. Semua anak memiliki kesempatan untuk mengikuti kelas tanpa memperhatikan ketidaksamaan, cacat, atau perbedaan, yang meningkatkan kualitas pendidikan setiap anak. Selain itu, sekolah dan pendidik memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, peran, dan manfaat manajemen pendidikan inklusif terhadap peningkatan layanan anak berkebutuhan khusus di SLBN Parepare.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian case study dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara yang sebagai instrument dalam pengumpulan data. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala SLBN, Guru, dan Guru Tata Usaha.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa peran manajemen pendidikan inklusif terhadap peningkatan layanan anak berkebutuhan khusus di SLBN Parepare telah terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari (1) implementasi manajemen pendidikan inklusif di SLBN Parepare yaitu pengembangan kurikulum, pelatihan dan kesadaran guru, penggunaan teknologi, evaluasi dan pemantauan berkelanjutan.(2) peran manajemen pendidikan inklusif yaitu peran pemimpin sekolah,seorang guru, orang tua dan sarana prasarana(3) Manfaat manajemen pendidikan inklusif yaitu kebijakan yang dibuat kepala sekolah memberikan manfaat besar bagi sekolah dan siswa ABK seperti bentuk komunikasi anak berkebutuhan khusus serta kepercayaan diri meningkat.

 

Kata Kunci: Manajemen, Peran, pendidikan inklusif

Published
2024-09-28
Section
Articles