AL-TABYIN REGENERASI KEPEMIMPINAN DI SMP ISLAM DARUL HIKMAH: STUDI KASUS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA SEKOLAH

  • Abdil
Keywords: Regenerasi Kepemimpinan, Kinerja Sekolah

Abstract

Penelitian ini berjudul "Regenerasi Kepemimpinan di SMP Islam Darul Hikmah: Studi Kasus dan Implikasinya terhadap Kinerja Sekolah." Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses regenerasi kepemimpinan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhinya serta implikasinya terhadap kinerja sekolah. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses regenerasi kepemimpinan di SMP Islam Darul Hikmah dilakukan dengan perencanaan yang matang, seleksi partisipatif, dan pengembangan kompetensi melalui pelatihan. Faktor internal seperti budaya organisasi dan faktor eksternal seperti kebijakan pemerintah mempengaruhi proses ini. Evaluasi dan monitoring yang berkelanjutan juga penting dalam memastikan kelancaran regenerasi.

Implikasi dari regenerasi kepemimpinan terhadap kinerja sekolah sangat signifikan. Pemimpin baru yang efektif dapat meningkatkan lingkungan belajar, profesionalisme guru, dan hubungan dengan pemangku kepentingan. Meskipun terdapat tantangan seperti resistensi terhadap perubahan dan pengelolaan sumber daya, regenerasi kepemimpinan yang berhasil akan membawa dampak positif terhadap kinerja sekolah dan memastikan keberlanjutan organisasi.

Kata Kunci : Regenerasi Kepemimpinan, Kinerja Sekolah

Published
2024-09-24