AL-TABYIN MODEL KEMITRAAN STRATEGIS UNTUK PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model kemitraan strategis dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) di lembaga pendidikan, dengan fokus khusus pada lembaga pendidikan Islam. Model kemitraan strategis melibatkan kerjasama antara lembaga pendidikan dan mitra eksternal seperti perusahaan, lembaga pelatihan, dan organisasi profesional untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas SDM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk mengkaji konsep, teori, dan praktik terkait kemitraan strategis dan pengembangan SDM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kemitraan strategis dapat memberikan solusi efektif untuk tantangan dalam pengelolaan dan pengembangan SDM di lembaga pendidikan. Model ini membantu lembaga pendidikan mengakses sumber daya dan pengetahuan terbaru, serta memperoleh pelatihan yang relevan. Namun, penerapan model ini juga menghadapi tantangan seperti perbedaan visi, masalah komunikasi, dan alokasi sumber daya. Manfaat dari kemitraan strategis meliputi peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan keterampilan SDM, dan penguatan hubungan dengan komunitas. Evaluasi berkelanjutan dan adaptasi terhadap perubahan kebutuhan adalah penting untuk memastikan keberhasilan model ini. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana model kemitraan strategis dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pengembangan SDM di lembaga pendidikan, dan menyarankan pentingnya perencanaan yang matang dan komunikasi yang efektif dalam implementasinya.
Kata Kunci: Model Kemitraan Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia