AL-TABYIN STRATEGI KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN EFEKTIF DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi kepemimpinan dan manajemen efektif di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, artikel, dan laporan penelitian yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang efektif, seperti kepemimpinan demokratis dan partisipatif, visi dan misi yang jelas, pengembangan profesional guru, pemantauan dan evaluasi yang berkelanjutan, serta penciptaan lingkungan sekolah yang aman dan mendukung, berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Selain itu, manajemen yang efektif, termasuk perencanaan strategis yang matang, pengelolaan sumber daya manusia yang baik, manajemen keuangan yang transparan, pengelolaan kurikulum yang dinamis dan relevan, serta hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan, sangat mendukung operasional sekolah dan pencapaian tujuan pendidikan. Kesimpulannya, kombinasi antara strategi kepemimpinan yang efektif dan manajemen sekolah yang baik merupakan kunci utama dalam mencapai peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan rekomendasi praktis bagi pemimpin sekolah dan pembuat kebijakan pendidikan dalam mengembangkan pendekatan yang lebih efisien dan responsif terhadap kebutuhan dan tantanganpendidikan.
Kata Kunci : Strategi Kepemimpinan, Manajemen Efektif