AL-TABYIN STRATEGIN MANAJEMEN HUBUNGAN SEKOLAH DANGAN MASYARAKAT: STUDI KASUS DI SDN 25 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini mengkaji manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SDN 25 Parepare. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dalam menjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program humas di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif, melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program humas melibatkan guru, komite sekolah, wali siswa, dan tokoh masyarakat. Pelaksanaan program dilakukan dengan teknik tatap muka kelompok, tatap muka individu, dan publikasi sekolah. Evaluasi dilakukan untuk menilai sejauh mana masyarakat terlibat dan berpartisipasi dalam kegiatan sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah manajemen hubungan sekolah dan masyarakat di SDN 25 Parepare sudah berjalan dengan baik dan melibatkan berbagai pihak terkait, namun perlu peningkatan keterlibatan teknologi informasi untuk komunikasi yang lebih efektif.
Kata Kunci: Manajemen Hubungan Sekolah, Masyarakat