AL-TABYIN MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH YANG SUKSES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis model-model kepemimpinan kepala sekolah yang dianggap sukses serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapannya. Kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran kunci dalam menentukan keberhasilan lembaga pendidikan, dengan berbagai model kepemimpinan yang diterapkan di berbagai jenis sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, dimana data dikumpulkan dari sumber-sumber akademik yang relevan seperti buku, artikel jurnal, dan laporan penelitian terkait kepemimpinan pendidikan.
Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa model kepemimpinan yang efektif, antara lain kepemimpinan transformasional, transaksional, partisipatif, situasional, serta kombinasi kepemimpinan etis dan transformasional. Setiap model memiliki keunggulan dan aplikasinya masing-masing tergantung pada konteks sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penerapan model kepemimpinan meliputi keterampilan kepala sekolah, dukungan dari staf dan komunitas, kondisi dan konteks sekolah, budaya dan iklim sekolah, serta kebijakan dan regulasi pendidikan yang berlaku.
Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan dan panduan praktis bagi kepala sekolah dan pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam mengembangkan dan menerapkan model kepemimpinan yang efektif. Dengan memahami model-model kepemimpinan yang berhasil dan faktor-faktor pendukungnya, kepala sekolah dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai hasil yang lebih baik dalam lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Kepala sekolah, Sukses,