AL-TABYIN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH

  • Abdil
Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Sekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran kepemimpinan transformasional dalam peningkatan mutu sekolah, dengan fokus pada bagaimana visi yang inspiratif, dukungan dan pengembangan profesional, serta partisipasi dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan mempengaruhi proses ini. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, yang melibatkan analisis berbagai sumber sekunder seperti artikel jurnal, buku, dan laporan penelitian untuk memahami teori dan praktik kepemimpinan transformasional dalam konteks pendidikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional yang efektif dapat memperkuat motivasi dan keterlibatan staf serta meningkatkan hasil belajar siswa. Visi yang jelas dan memotivasi berfungsi sebagai panduan yang mengarahkan usaha kolektif, sementara dukungan profesional dan pelatihan berkelanjutan memastikan bahwa staf dapat mengadopsi praktik-praktik baru dengan efektif. Partisipasi aktif dari semua pemangku kepentingan membantu menciptakan lingkungan inklusif dan mendukung, sedangkan budaya inovasi dan pemecahan masalah mendorong perbaikan berkelanjutan. Penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan utama, seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya, serta strategi untuk mengatasi tantangan tersebut. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penerapan kepemimpinan transformasional di sekolah.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Mutu Sekolah

Published
2024-09-23