AL-TABYIN MANAJEMEN STRATEGI ORGANISASI PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL: TANTANGAN DAN PELUANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen strategi organisasi pendidikan di era digital, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta mengeksplorasi peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah untuk memberikan panduan bagi para pengelola pendidikan dalam merancang dan menerapkan strategi yang efektif dalam menghadapi perubahan dan dinamika era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur, Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Bottom of Form
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, transformasi digital dalam sistem pembelajaran menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang perlu dikelola dengan cermat oleh organisasi pendidikan. Tantangan utama meliputi kebutuhan untuk menganalisis infrastruktur teknologi, memberikan pelatihan berkelanjutan kepada pendidik, serta memperbarui kurikulum dan kebijakan terkait teknologi. Untuk mengatasi tantangan ini, pendekatan yang adaptif, dukungan teknis yang memadai, dan keterlibatan stakeholder sangat diperlukan. Di sisi lain, era digital menawarkan peluang signifikan seperti akses ke sumber belajar global, personalisasi pembelajaran, analitik untuk memantau kemajuan siswa, serta metode pembelajaran interaktif dan gamifikasi. Dengan memanfaatkan peluang ini, organisasi pendidikan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melalui personalisasi, efisiensi operasional, dan peningkatan keterlibatan siswa. Strategi yang efektif dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang akan mendukung adaptasi yang sukses dalam era digital, mengoptimalkan pengalaman belajar dan hasil pendidikan.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Organisasi Pendidikan, Era Digital