Urgensi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Membentuk Karakter Kejujuran Di TK Aisyiyah Matawai Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang
Abstract
Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui Urgensi Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam Membentuk Karakter Kejujuran Di TK Aisyiyah Matawai Kecamatan Buntu Batu Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif; dengan pendekatan; Kualitatif. Penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi). Dengan menguji dan menganalisis data yaitu: (1) kredibilitas (validitas internal), (2) transferabilitas (validitas eksternal), (3) dependabilitas (reliabilitas), dan (4) konfirmabilitas (objektivitas). Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Urgensi Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini, yakni membentuk anak yang beriman, berakhlak mulia, beramal shaleh, berilmu pengetahuan dan berteknologi, berketerampilan, dan berpengalaman, sehingga ia menjadi orang yang mandiri, berguna bagi dirinya, agamanya, orang tuanya, bangsa dan negara. Karakter Kejujuran Pada Anak Usia Dini, yaitu diawali dengan seorang pendidik harus memiliki pengetahuan tentang karakter jujur. Peran Pendidik dalam Membentuk Karakter Kejujuran Pada Anak Usia Dini di TK Matawai Kecamatan Buntu Batu Kebupaten Enrekang, ialah dimana seorang pendidik berperan aktif dalam proses pendidikan, baik dalam internalisasi maupun sosialisasi nilai, baik nilai kebudayaan juga nilai moral pada peserta didik. Pendidik yang pekerjaannya mengajar, yang memiliki tugas merencanakan dan melaksanakan proses pembalajaran, menilai hasil pembelajaran, membimbing, melatih, meneliti dan mengabdi kepada masyarakat memiliki peran yang besar untuk peserta didik