Penerapan Pendidikan Karakter Kejujuran dalam Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Madrasah Tsanawiyah Ihya’ul Ulum DDI Baruga Kab. Majene

  • Nurunniswah
Keywords: Penerapan Pendidikan Karakter, Kejujuran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Penerapan Karakter Kejujuran Pada Madrasah Tsanawiyah Ihya’ul Ulum DDI Baruga Kab. Majene. Penerapan pendidikan karakter kejujuran tersebut untuk melihat bagaimana pengaruh karakter keujujuran terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Tsanawiyah Ihya’ul Ulum DDI Baruga Kab. Majene 

Untuk mengungkap permasalahan yang dikaji, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan mengambil sampel penelitian kelas VIII C  di Madrasah Tsanawiyah DDI Baruga Tahun Pelajaran 2020-2021. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Adapun penerapan pendidikan karakter kejujuran di madrasah Tsanawiyah ada lima yaitu, keteladanan. Pemberian reward kepada setiap karya peserta didik serta memberikan punismet setelah ketika peserta didik melakukan kesalaha, penggunaan metode yang beragam dan tepat untuk dapat menilai  peserta didik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, mengadakan kegiatan pengembangan diri seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Hasil dari penerapan pendidikan karakter kejujuran pada madrsah Tsanaiyah Pondok Pesantrn Ihya’ul Ulum DDI Baruga yaitu keteladanan pesera didik memiliki karakter yang baik, peserta didik selalu menaati peraturan yang berlaku dan mereka memiliki prestasi yang membanggakan, output dari pesserta didik yang mengikuti kegiatan ekstarakurikuler sangat berpengaruh baik terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan pendidikan karakter kejujuran sangat berpengaruh baik terhadap hasil belajar peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah Ihya’ul Ulum DDI Baruga Kab. Majene. Sehingga penerapan pendidikan karakter kejujuran, bagian tersebut selalu diterapkan dan dipertahankan  dalam menjalankan proses pembelajaran.

Published
2022-03-17