Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Sipakatau’ dan Implikasinya Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik MTs Nuhiyah Pambuusang Kecamatan Balanipa Kab. Polewali Mandar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melaksanakan proses implementasi tindakan kelas melalui straegi internalisai nilai-nilai sipakatau’ dan mendeskripsikan strategi internalisasi itu dari segi prosedur dan impilkasinya terhadap perilaku belajar peserta didik MTs Nuhiyah Pambusuang. Fokus masalah dalam penulisan tesis ini adalah : (1) Bagaimana nilai-nilai sipakatau’ dalam kehidupan social peserta didik MTs Nuhiyah Pambusuang? (2) Bagaimana strategi internalisasi nilai-nilai sipakatau’ yang diterapkan oleh guru MTs Nuhiyah Pambusuang? (3) Bagaimana relasi nilai-nilai sipakatau’ terhadap perilaku belajar pada peserta didik MTs Nuhiyah Pambusuang?. Peneliti ini menggunakan pendekatan Penelitian PTK yang dikolaborasikan dengan penelitian kualitatif deskriptif dengan desain tindakan kelas dan relaitas lapangan melalui tindakan observasi dan wawancara. Lokasi penelitian adalah MTs Nuhiyah Pambusuang yang terletak di jalan poros Makassar KM. 285 Pambusunag, desa Pambsuuang, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang kepala sekolah, 4 orang wakil kepala sekolah, 1 staf tata usaha, dan 4 guru.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi internalisasi nilai-nilai sipakatau’ dapat mengubah perilaku belajar peserta didik MTs Nuhiyah Pambusuang dengan fakta dan realitas di lapangan. Adapun hasil penelitian tentang implikasi internalisasi nilai-nilai sipakatau’ terhadap perilaku belajara peserta didik, yaitu : (1)Nilai-nilai sipakata’ dalam kehidupan sosial peserta didk MTs Nuhiyah Pambusuang. (2) Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Sipakatau’ Terhadapa Peserta Didik MTs Nuhiyah Pambusuang.