Kreatifitas Guru Pai Dalam Pennggunaan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pai Pada Siswa Di SDN 4 Maroangin
Abstract
Tujuan Penelitian ini, untuk Kreativitas Guru PAI Dalam Pennggunaan Metode Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Pada Siswa Di SDN 4 Maroangin. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian Kualitatif; dengan Pendekatan teologis, Pendekatan pedagogis, Pendekatan psikologis, yang digunakan adalah; pedoman observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumentasi dengan teknik analisis data; mereduksi data, melakukan penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Kreativitas Guru PAI dalam Menggunakan Metode Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di SDN 4 Maroangin Kabupaten Enrekang dengan cara melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran yang dilakukan dengan menyajikan pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran bervariasi. Penggunaan Metode Pembelajaran PAI di SDN 4 Maroangin Kabupaten Enrekang lebih dari satu karena metode yang satu digunakan untuk mencapai tujuan yang satu, sedangkan metode yang lain untuk mencapai tujuan yang lainnya karena dengan menggunakan metode yang bervariasi maka akan meningkatkan pemahaman peserta didik kepada materi sehingga prestasi ataupun hasil belajar peserta didik semakin baik dan meningkat. Minat Belajar PAI Pada Peserta Didik di SDN 4 Maroangin Kabuapten Enrekang dapat meningkat dengan baik karena keaktifan guru yang senantiasa melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga didalam kelas tidak hanya didomonasi oleh guru proses pembelajaran pun tidak monoton dan tidak membosankan.