Upaya Peningkatan Keterampilan Shalat Fardhu Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 3 Enrekang
Abstract
Tujuan Penelitian ini, untuk mengetahui Upaya Peningkatan Keterampilan Shalat Fardhu Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Peserta Didik Kelas VII MTsN 3 Enrekang,. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis Penelitian tindakan kelas, dengan teknik dan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, metode catatan lapangan, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Keterampilan shalat fardhu pada peserta didik kelas VII MTsN 3 Enrekang yaitu dengan pembelajaran kontekstual yang merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan dan mempraktekkan gerakan shalat fardhu dan bacaannya dengan baik. Upaya guru dalam peningkatan keterampilan shalat fardhu pada peserta didik kelas VII MTsN 3 Enrekang yaitu dengan; Pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan keterampilan shalat fardhu kelas VII MTsN 3 Enrekang yaitu dapat meningkatkan keterampilan dalam melaksanakan shalat fardhu pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTsN 3 Enrekang. Sebagaimana diketahui kemampuan peserta didik dalam melaksanakan shalat fardhu pada siklus I tergolong “mampu” karena 63,8% berada pada rentang 61%-80%. Melihat hasil kemampuan peserta didik dalam pelaksanaan shalat fardhu pada siklus I keberhasilan peserta didik belum mencapai 75%. Sedangkan siklus II meningkat menjadi 85,8% dengan kategori “sangat mampu” karena berada pada rentang 81%-100%. Artinya kemampuan peserta didik kelas VII MTsN 3 Enrekang dalam melaksanakan shalat fardhu fardhu telah mencapai di atas 80 %.