Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Alqur’an Dikelas XI MIPA 1 UPT SMA Negeri 2 Parepare
Abstract
Tesis ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) untuk menigkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI di Kelas XI MIPA 1 UPT SMA Negeri 2 Parepare. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), Kelebihan dan kelemahan yang bertujuan, untuk mengetahui proses Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC), mulai dari awal sampai akhir dan mendeskripsikan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik setelah diterapkannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI pada Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) di UPT SMAN 2 Parepare, terlaksana dengan baik, efektif dan efisien. Berdampak positif yaitu peserta didik lebih menyukui proses pembelajaran metode diskusi kelompok. Faktor yang menjadi pendukung adalah strategi guru PAI melaksanakan proses pembelajaran kreatif, inovatif serta melakukan pendekatan melalui, metode driil dan metode sorogan. Faktor penghambatnya yaitu lingkungan keluarga, orang tua dalam hal ini berpengaruh terhadap karakter peserta didik, Pergaulan di masyarakat juga jadi penghambat sehingga kurang peduli terhadap pelajarannya. Peningkatan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik UPT SMAN 2 Parepare adalah guru Pendidikan Agama Islam melakukan pendekatan yang efektif dan efisien. Model pembelajaran untuk peningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an peserta didik di UPT SMAN 2 Parepare menggunakan fasilatas sarana prasana pendukung proses membaca serta menulis Al-Qur’an sering mengikuti kegiatan ekstarkulikuler, meningkatkan minat dari peserta didik, dukungan, motivasi dan bimbingan dari orang tua.