PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI 4 LANCIRANG KABUPATEN SIDRAP

  • ST. Wardah Hanafie Das
  • Ulfa Yanti
Keywords: Metode, Pembelajaran Qira’ah, Baca Tulis Al-Qur’an

Abstract

Tulisan ini membahas tentang “penerapan metode pembelajaran qira’ah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada peserta didik kelas III SD Negeri 4 Lancirang kabupaten sidrap” Di mana rumusan masalah adalah sebagai berikut : Bagaimana penerapan metode pembelajaran qira’ah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada peserta didik kelas III SD Negeri 4 Lancirang? dengan menggunakan metode qira’ah dapat meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an dengan baik dengan menggunakan kartu hukum bacaan.

Penelitian ini menggunakan penelitian PTK. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) tindakan, (4) refleksi. Teknik dan pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi, dari pelaksanaan 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 4 Lancirang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan soal tes di akhir siklus.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan membaca al-Qur’an dengan fasih dan benar. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai presentase rata-rata/ketercapaian hasil belajar persiklus yaitu: siklus I Kelas IIIA 65%, kelas IIIB 57 dan siklus II kelas IIIA 86% dan klas IIIB 86%. Hal ini dikarenakan dengan penerapan metode qira’ah kegiatan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan memudahkan pembelajaran.

Published
2021-09-07