STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs SALOBONGKO KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA
Abstract
Tulisan ini membahas tentang, strategi guru akidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik. Permasalahan pokok yang dikaji terfokus pada bagaimana akhlak peserta didik di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akhlak peserta didik, strategi guru akidah akhlak dan faktor-faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlak peserta didik. Sebagai penyempurnaan tulisan ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif, adapun cara untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, teknik dan analisis data digunakan untuk mendapatkan informasi serta menemukan jawaban dari permasalahan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Akhlak peserta didik di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara yaitu Perubahan perilaku peserta didik, perkelahian antar peserta didik, susah diatur. Strategi guru dalam membina akhlak peserta didik di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara diantaranya: Kooperatif, ceramah, tanya jawab, diskusi, pembiasaan, keteladanan, tindakan preventif, tindakan refresif, pembinaan khusus, pembinaan umum. Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam pembinaan akhlak peserta didik di MTs Salobongko Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara diantaranya: Faktor pendukung (buku-buku pelajaran, al-Qur’an, perpustakaan dan masjid) sedangkan faktor penghambat (sikap mental guru, segi kedisiplinan, kelengkapan perpustakaan, kesulitan dalam pengaturan waktu).