PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA GLOBALISASI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PEREPARE

  • Andi Fitriani Djollong
  • Amran Asta
Keywords: Pendidikan Agama islam, Globalisasi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru pendidikan Agama Islam di era globalisasi dalam pembentukan akhlak peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare”. Tujuannya untuk mengetahui: 1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam di era globalisasi di SMK Muhammadiyah Parepare.  2) Bagaimana pembentukan akhlak peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare. 3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam di era globalisasi dalam pembentukan akhlak peserta didik di di SMK Muhammadiyah Parepare.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa di era globalisasi Guru Pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah Parepare berperan dalam memberikan motivasi kepada peserta didik, baik dalam proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran agar peserta didik dapat merespon era globalisasi dengan bijak sehingga perkembangan teknologi di era globalisasi dapat berdampak positif kepada peserta didik dalam rangka pembentukan akhlak peserta didik walaupun masih terdapat sebagian kecil yang berdampak negatif kepada peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare. Penelitian ini berimplikasi pada perlunya guru pendidikan Agama Islam SMK Muhammadiyah Parepare di era globalisasi untuk senantiasa meningkatkan kompetensinya dalam mengajar dan mendidik peserta didik agar peserta didik dapat menyikapi era galobalisasi dengan bijak sehingga dapat membentuk akhlak peserta didik di SMK Muhammadiyah Parepare.

Published
2021-09-06