ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERCAPAINYA ANGGARAN PENJUALAN PADA PT PLN (PERSERO) UP3 PAREPARE

  • Hariyani Hariyani Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Dayu Suhardi Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Anggaran Penjualan, Realisasi Penjualan, PT PLN (Persero)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan tidak tercapainya anggaran penjualan pada PLN UP3 Parepare. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan analisis kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam kondisi objek penelitian sebagaimana adanya berdasarkan situasi aktual di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori utama penyebab ketidaktercapaian anggaran penjualan, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minimnya ketersediaan anggaran dan terbatasnya ketersediaan material. Keterbatasan anggaran menyebabkan hambatan dalam pelaksanaan aktivitas penjualan listrik, sementara keterbatasan material berdampak pada terganggunya operasional penyaluran listrik kepada pelanggan. Sementara itu, faktor eksternal mencakup perizinan lahan dan kebijakan stimulus Covid-19. Proses perizinan lahan yang kompleks menghambat pembangunan infrastruktur kelistrikan yang dibutuhkan, sedangkan kebijakan stimulus Covid-19 menyebabkan penurunan konsumsi listrik secara nasional dan pengalihan anggaran untuk mendukung program stimulus pemerintah. Kedua faktor eksternal ini secara signifikan mempengaruhi realisasi anggaran penjualan pada PLN UP3 Parepare.

Published
2025-06-03