PERKEMBANGAN BISNIS KULINER DAN PENGARUHNYA TERHADAP TRANSPORTASI ONLINE DI KABUPATEN PINRANG

  • Amriyani Amriyani Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Darmawan Darmawan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Fitriani Fitriani Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Bisnis Kuliner, Transportasi Online, Tingkat Pendapatan

Abstract

Berdasarkan data dari Grab jumlah merchant di Indonesia telah tumbuh sebanyak 8x dengan  lebih  dari  80% merchant GrabFood  merupakan  para  pengusaha  UMKM Sehingga Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perkembangan bisnis kuliner terhadap pendapatan pengemudi transportasi online di Kabupaten Pinrang. Objek dalam penelitian ini adalah pelaku usaha kuliner dan pengemudi transportasi online, khususnya pengemudi Grab yang beroperasi di wilayah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dengan jumlah sampel sebanyak 35 responden yang terdiri dari pelaku bisnis kuliner dan pengemudi Grab. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif, yang bersumber dari data primer hasil pengisian kuesioner oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel bebas (perkembangan bisnis kuliner) terhadap variabel terikat (tingkat pendapatan pengemudi transportasi online). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bisnis kuliner memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pendapatan pengemudi transportasi online. Semakin berkembang usaha kuliner di suatu wilayah, maka semakin tinggi pula permintaan layanan antar makanan, yang berdampak positif terhadap peningkatan pendapatan pengemudi Grab di Kabupaten Pinrang. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang erat antara sektor kuliner dengan sektor transportasi online sebagai mitra distribusi.

 

Published
2025-05-27