ANALISIS BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT.HONDA MOTOR CABANG BARRU

  • Nahdatillah Ayudya. N Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Biaya Promosi, Volume Penjualan, Strategi Pemasaran, Pertumbuhan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan pada PT. Astra Honda Motor Cabang Barru. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan tahapan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya promosi yang dikeluarkan oleh PT. Astra Honda Motor Cabang Barru dan hasil penjualan mengalami fluktuasi selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2015 hingga 2017, terjadi peningkatan baik pada biaya promosi maupun volume penjualan. Namun, pada tahun 2018 dan 2019, keduanya mengalami penurunan. Pola ini menunjukkan adanya hubungan yang searah antara biaya promosi dan pencapaian volume penjualan. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa biaya promosi memberikan pengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Semakin besar biaya promosi yang dikeluarkan, maka berpotensi meningkatkan volume penjualan, begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, strategi promosi yang tepat dan efisien sangat diperlukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan daya saing perusahaan di tengah persaingan pasar yang semakin ketat.

Published
2025-06-04