PENTINGNYA PENGGUNAAN METODE KALKULASI BIAYA LANGSUNG SEBAGAI PENGHASIL INFORMASI MANAJEMEN DALAM PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK PADA TOKO HOMECAKE
Abstract
Disiplin akuntansi manajemen terdapat suatu metode kalkulasi biaya yang sering juga diterapkan dalam praktek yaitu metode kalkulasi biaya langsung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode kalkulasi biaya langsung (direct costing) dapat menjadi sumber informasi bagi manajemen dalam penetapan harga jual produk pada Homecake. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan dalam penetapan harga jual produk Homecake di Kota Parepare. Informan dalam penelitian ini adalah Ibu Mardiah Takdir dan Bapak Baharuddin, S.I.P selaku pemilik usaha Homecake. Dalam suatu perusahaan yang berorientasi pada keuntungan, laba merupakan salah satu tujuan utama yang ingin dicapai. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan menerapkan berbagai strategi, salah satunya adalah strategi penetapan harga jual. Penetapan harga jual produk memegang peranan penting karena berkaitan langsung dengan permintaan pasar, yang pada akhirnya dapat memengaruhi target laba perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan penetapan harga jual yang wajar dan sesuai dengan kondisi perusahaan. Penetapan harga jual yang wajar membutuhkan informasi yang cukup, baik mengenai biaya-biaya produksi maupun harga jual produk pesaing. Untuk menghasilkan informasi biaya yang akurat, dibutuhkan metode kalkulasi biaya yang sesuai dengan karakteristik dan kondisi perusahaan. Hasil penelitian pada Homecake menunjukkan bahwa metode kalkulasi biaya langsung (direct costing) mampu memberikan informasi biaya yang lebih tepat dan relevan, sehingga dapat mendukung manajemen dalam menetapkan harga jual produk secara lebih efektif.