STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MELALUI PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT DI KAB.ENREKANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui kredit usaha rakyat (KUR) di Kab. Enrekang. Untuk menjangkau para pelaku usaha mikro, kecil, menengah yang membutuhkan permodalan demi mendukung usahanya maka dibutuhkan strategi pengembangan UMKM pada program KUR, UMKM mampu menjadi solusi penanggulangan kemiskinan di Indonesia, karena UMKM berkontribusi menyerap lebih dari 99,45% tenaga kerja dan memberikan kontribusi sebesar 30% terhadap Produk
Domestik Bruto (PDB).Adapun metode penelitian menggunakan metode pendekatan kualitataif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara kuesioner, dan dokumen. Adapun yang terlibat dalam wawancara mengenai strategi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah sebanyak 6 Informan, menciptakan inovasi, memanfaatkan media sosial, memperbanyak promo dan lokasi yang strategis. Dalam hasil penelitian wawancara bahwa Bank BRI mengetahui Kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi UMKM yang mengambil KUR. Dalam hasil kuesioner pada 80 responden sebagai pendukung hasil wawancara, UMKM membutuhkan peralatan teknologi dalam proses mengembangkan Usahanya. Untuk mengembangkan Usaha UMKM dengan bantuan modal dari Bank BRI Kanca dan BRI KCP Enrekang