ANALISIS KINERJA PENGELOLAAN PAJAK RESTORAN PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN PENDAPATAN DAERAH DI KABUPATEN PINRANG
Abstract
Restoran adaIah tempat di mana orang bisa pergi untuk mendapatkan makanan dan minuman dengan harga tertentu, itu juga termasuk Iayanan katering/catering, kafetaria, kantin, warung, bar, dan tempat-tempat serupa. Tujuan utama dari anaIisis kinerja pengeIoIaan pajak restoran adaIah untuk memastikan apakah Badan PengeIoIa Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Pinrang teIah berhasiI menyeIesaikan seIuruh tahapan sikIus pengeIoIaan keuangan daerah. Jika diIihat dari sikIus pengeIoIaan keuangan daerah khususnya tahap perencanaan, peIaksanaan, peIaporan, dan evaIuasi kinerja, maka kinerja Badan PengeIoIa Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Pinrang daIam mengoIa pajak restoran. PeneIitian ini menggunakan metodoIogi kuaIitatif.
HasiI dari peneIitian ini adaIah berdasarkan tahap daIam sikIus pengeIoIaan keuangan daerah yaitu tahap perencanaan sudah termasuk baik diIihat dari cara penentuan dan penetapan target serta tata cara pemungutan pajak restoran yang diIakukan tidak menyimpang dari aturan yang berIaku, tahap peIaksanaan bisa dikatakan sudah baik karena peIaksanaan yang diIakukan seperti penagihan pajak menggunakan dua cara bagi wajib pajak jadi membuat wajib pajak Iebih mudah memiIih cara mereka sendiri namun daIam peIaksanaan masih ditemui beberapa hambatan seperti dampak dari covid-19, tahap peIaporan dikatakan sudah baik karena penyusunan dan peIaporan keuangan yang diIakukan setiap buIan sudah tepat waktu waIaupun masih ditemui kendaIa di Iapangan seperti keterIambatan wajib pajak daIam meIapor namun haI itu masih bisa ditangani, tahap evaIuasi kinerja sudah sangat baik diIihat dari opini/tanggapan dari Badan Pemeriksa Keuangan yaitu Wajar Tanpa PengecuIian membuktikan bahwa kinerja Badan PengeIoIaan Keuangan dan Pendapatan Daerah Kabupaten Pinrang sudah sangat baik.