EFEKTIFITAS BELAJAR MANDIRI DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Mandiri

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara belajar mandiri dalam mengembangkan efektivitas dan kreativitas siswa pada mata pelajaran PAI di SDN 295 Pinrang, sebagai indikator bahwa belajar mandiri efektif dalam mengembangkan efektifitas dan kreatifitas siswa di SDN 295 Pinrang. adalah Pertama.  Siswa mampu bertanggung jawab dari hasil yang ada siswa lebih bertanggung jawab dengan tugas-tugas dan mampu menyelesaikannya secara mandiri. Kedua. Siswa Mampu Berpendapat sesuai dengan pemikiran masing-masing hal ini terlihat ketika muncul suatu permasalahan yang terkait dengan mata pelajaran PAI,. Ketiga. Siswa Lebih Percaya Diri. Keempat. Siswa lebih mudah memecahkan masalah yang siswa temukan dalam kehidupan nyata. Kelima. Siswa senang berdiskusi. Keenam. Siswa aktif. Belajar mandiri menekankan siswa untuk belajar sendiri memecahkan masalah yang ada, untuk itu siswa ditekankan proaktif dalam mencari sumber belajar. Ketujuh. Siswa lebih terampil. Dengan belajar mandiri keterampilan diri siswa yang tidak teraktualisasi akan terlihat dengan nyata dan akan membuahkan hasil, di mana siswa akan melakukan segala upaya secara individu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka. Bahwa nilai rata-rata persepsi siswa tentang efektifitas belajar mandiri pada mata pelajaran PAI di SDN 295 Pinrang dengan nilai rata-rata adalah 87,25 % hal ini menunjukkan bahwa penggunaan belajar mandiri efektif diterapkan pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-21
Section
Articles