STRATEGI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Keywords: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Penulisan ini bertujuan memberikan gambaran mengenai implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam menanamkan keterampilan berpikir kritis pada siswa. Hal ini berangkat dari persoalan pembelajaran yang dihadapi saaat ini adalah tidak berjalannya dengan baik proses belajar mengajar disekolah. Kebanyakan guru hanya mengejar ketuntasan materi pembelajaran saja tanpa memikirkan bagaimana cara siswa belajar dan mengembangkan kemampuan-kemampuan berpikir siswa. Salah satu kemampuan berpikir yang penting untuk dimiliki siswa adalah keterampilan berpikir kritis dimana siswa diharapkan mampu dengan baik mengungkapkan pendapat dan menyelesaikan masalah secara teroganisasi. Keterampilan berpikir kritis ini dapat ditanamkan dan dikembangkan dengan model pembelajaran tertentu yang dengan segala aktifitas belajarnya dapat mendukung berkembangnya kemampuan berpikir kritis. Tahapan-tahapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan sejumlah aktifitas dan keterampilan yang berfokus pada pencarian sesuatu dapat mengakomodasi kegiatan-kegiatan yang mengarah pada penanaman keterampilan berpikir kritis siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-21
Section
Articles