SUPERVISI AKADEMIK TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Penelitian Tindakan Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah di Kab. Tana Toraja)

Keywords: Supervisi Akademik, Peningkatan, Kompetensi Pedagogik

Abstract

Supervisi akademik adalah supervisi menitikberatkan pengamatan pada masalah dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa ketika sedang dalam proses belajar. Melaksanakan tugas pokok tersebut, pengawas sekolah melaksanakan fungsi supervisi, baik supervisi akademik maupun supervisi manajerial. Supervisi akademik adalah fungsi supervisi yang berkenaan dengan aspek pembinaan dan pengembangan kemampuan profesional guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan bimbingan di sekolah. Supervisi pada dasarnya diarahkan pada dua aspek, yakni supervisi akademis dan supervisi manajerial. Supervisi akademis menitikberatkan pada pengamatan supervisor terhadap kegiatan akademis, berupa pembelajaran baik di dalam maupun di luar kelas. Supervisi manajerial menitikberatkan pada pengamatan pada aspek-aspek pengelolaan dan administrasi sekolahyang berfungsi sebagai pendukung (supporting) terlaksananya pembelajaran." Dengan demikian kompetensi pengawas adalah merupakan kemampuan yang berupa pengetahuan (knowledge), pemahaman (understanding), kemampuan (skill), nilai (value), sikap (attitudde) dan minat (interest) untuk mengerjakan sesuatu dengan baik sebagai hasil dari pendidikan dan pelatihan yang diikutinya dalam pembinaan kearah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu belajar mengajar di kelas pada khususnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-21
Section
Articles