PENGARUH TAYANGAN SINETRON REMAJA TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan sinetron remaja terhadap karakter peserta didik, metode penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan dengan instrumen penelitian yaitu membagikan angket kepada responden, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh intensitas menonton sinetron remaja terhadap karakter peserta didik, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas menonton sinetron remaja terhadap karakter peserta didik, hal ini terbukti berdasarkan perhitungan statistik, yang dilaksanakan dengan menggunakan rumus product moment yang hasilnya rt pada taraf signifikan 5% = 0,349 – 0,325. Sedangkan rh = 0,308, jadi hasil diatas menunjukkan bahwa nilai rh lebih kecil dari rt (rh < rt) pada taraf signifikan 5 % yang berarti tidak terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas menonton sinetron dengan karakter peserta didik kelas. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan ditolak yaitu tidak terdapat korelasi yang signifikan antara intensitas menonton sinetron dengan karakter peserta didik.