PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PAREPARE

  • Rosmiati Ramli Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Salmiati Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Model Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Keaktifan Belajar, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Mengetahui Keaktifan Belajar Peserta Didik, mengetahui apakah terdapat hubungan Model Pembelajaran Pendidikan agama Islam terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Muhammadiyah Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berlokasi penelitian bertempat di SMP Muhammadiyah Parepare. Sifat penelitian Deskriptif analisis antara dua variabel. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Populasi berjumlah 61 peserta didik dan sampelnya berjumlah 22 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket, Lembar Observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validasi dan reliabilitas, analisis deskriptif, uji Persyaratan data dan uji hipotesis. Hasil penelitaian yang telah diperoleh oleh penelitia berdasarkan analisis data yaitu. 1) Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki jumlah skor rata-rata 75,6061, hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidian Agama Islam berada dalam kategori sedang. 2) Keaktifan belajar peserta didik memiliki skor rata-rata 70,9470 hal ini menunjukkan Keaktifan Belajar Peserta Dididk berada dalam kategori sedang. 3) adanya hubungan antara Model pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Muahammadiya Parepare yang dibuktikan dengan uji hipotesis dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, Dengan Kefesien determinan sebesar 0,541% yang menunjukkan bahwa Ho diterima.

Published
2024-02-21