HUBUNGAN WAKTU TUNGGU TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS X KOTA JAMBI

  • Putri Wulandari STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Renny Listiawaty Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Aidil Hafiz Program Studi Kesehatan Masyarakat STIKES Harapan Ibu Jambi
Keywords: Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu

Abstract

Indek Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Pakuan Baru Jambi tahun 2018 terjadi penurunan yaitu 3,28 menjadi sebesar 3,17 tahun 2019, dilihat dari Kotak saran 3 bulan terakhir pasien mengatakan waktu menunggunya lama, pasien mengeluh pelayanan lama, serta pengambilan obat  waktu tunggu lama. Penelitan ini untuk mengetahui hubungan waktu tunggu di Puskesmas Pakuan Baru Kota Jambi. Penelitian mengunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional, teknik pengambilan data puposive sampling. Subyek penelitian adalah 95 orang responden rawat Jalan di Puskemas Pakuan Baru Kota Jambi Tahun 2020. Penelitian ini dianalisa dengan Uji chi-square diperoleh nilai P-Value sebesar 0.322 >0.05 maka tidak adanya hubungan yang berarti antara Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien. Dari wawancara dan observasi lansung yang dilakukan dipuskesmas Pakuan Baru Jambi waktu tunggu pasien rawat jalan dimana rata-rata waktu tunggu pasien dalam kategori cepat ( 31,90) dan kepuasan pasien dengan interval 235-263, dan 5% pasien mengatakan  tidak puas. Waktu tunggu pasien rawat jalan dimana rata-rata waktu tunggu pasien dalam kategori cepat ( 31,90)¸ belum adanya Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baku atau yang telah disepakati di pelayanan atau pun diloket pendaftaran diPuskesmas Pakuan Baru Kota Jambi

Published
2020-05-31