PENGARUH SISTEM ANTRIAN DAN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN EFEKTTIFITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MADISING NA MARIO KOTA PAREPARE

  • Santi Milanda Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Usman Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Darmawan Ukkas Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Sistem antrian, pelayanan, efektivitas pelayanan

Abstract

Loket pendaftaran pasien menjadi ujung tombak pelayanan rawat jalan karena merupakan pelayanan pertama dan secara langsung berinteraksi dengan pasien, sehingga dapat memberikan kesan kepada pasien terhadap mutu pelayanan secara umum. pelayanan yang diberikan di loket pendaftaran  belum optimal, maka menimbulkan waktu tunggu yang lama kepada pasien, kondisi ini dapat memicu rendahnya kepuasan  pasien.  Pada masalah ini, aspek cepat dan tepat sangat diperhitungkan dalam penyelenggaraan jasa pelayanan, artinya membiarkan konsumen menunggu tanpa alasan yang jelas akan menyebabkan persepsi yang negatif dalam mutu atau kualitas pelayanan. Rendahnya mutu pelayanan pada suatu puskesmas akan berkaitan dengan citra puskesmas sekaligus penentu terhadap pemanfaatan ulang pelayanannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sistem antrian dan pelayanan dalam meningkatkan efektifitas pelayanan  pasien rawat jalan. Metode yang digunakan penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan Accidental Random Sampling dengan jumlah sampel 100 orang yang berobat ke Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji statistic dengan menggunakan chi square, maka diperoleh p (value) = 0,03 untuk sistem antrian dan untuk pelayanan diperoleh p (value) = 0,04. Kesimpulan penelitian adalah ada pengaruh sistem antrian dan pelayanan dalam meningkatkan efektifitas pelayanan pasien rawat  jalan di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare

Published
2019-01-31