PENGARUH ETIKA DAN KINERJA TENAGA KESEHATAN TERHADAP PEMBERIAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI PUSKESMAS MADISING NA MARIO KOTA PAREPARE

  • Fadillah Rijal Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • H. Muhammad Siridangnga Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Usman Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Niar Novita Sari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Pengaruh etika, kinerja tenaga kesehatan, pemberian pelayanan kesehatan

Abstract

Pelayanan kesehatan untuk masyarakat merupakan hak asasi manusia yang harus dilaksanakan negara. Pemerintah harus mampu memberikan perlakuan yang sama kepada warganya dalam pelayanan kesehatan maupun pelayanan publik lainnya. Dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan, masyarakat dengan status ekonomi lebih tinggi mempunyai akses untuk memenuhi tingkat kepuasan pasien. Sebaliknya, selama pelayanan kesehatan tidak memenuhi tingkat kepuasaan pasien, maka tingkat kesesuaian akan rendah, mengakibatkan puskesmas akan ditinggalkan oleh masyarakat, kedua adalah faktor adanya perubahan (transisi). Dengan demikian, kedudukan dan peran pelayanan puskesmas sangatlah penting untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian adalah, untuk mengetahui Pengaruh Etika dan Kinerja Tenaga Kesehatan terhadap Pemberian Pelayanan Kesehatan Pasien di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitik dengan pengambilan sampel secara accidental sampling dengan menggunakan kuesioner sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh Etika Tenaga Kesehatan terhadap Pemberian Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare, dengan nilai p (value) = 0,036 < 0,05 dan Kinerja Tenaga Kesehatan ada pengaruh terhadap Pemberian Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare dengan nilai p (value) = 0,047 < 0,05.Mengingat akan pentingnya kesehatan bagi tiap waga masyarakat, olehnya itu tiap sarana pelayanan kesehatan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang optimal

Published
2019-01-31