HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI PUSKESMAS MAIWAKABUPATEN ENREKANG
Abstract
Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian pasien terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien pengguna BPJS yang berkaitan dengan bukti fisik pelayanan, kehandalan pelayanan, tanggapan pelayanan, jaminan pelayanan, dan emphaty pelayanan, di Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Kepuasan adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperoleh setelah pasien membandingkan tentang apa yang harapkan. Untuk memperoleh data dilakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner dengan 95 responden yang ditentukan dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS dimana bukti fisik pelayanan p(0,001), kehandalan pelayanan p(0,402), daya tanggap pelayanan p(0,008), jaminan pelayanan p(0,000), emphaty pelayanan p(0,007). Bagi pihak Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang perlu mengembangkan sistem informasi manajemen Puskesmas untuk lebih memudahkan pelayanan serta evaluasi cepat terhadap kebutuhan pelayanan