SEKOLAH SEBAGAI INSTRUMEN KONSTRUKSI SOSIAL DI MASYARAKAT
School As a Social Construction Instrument In The Community
Abstract
Masyarakat mengalami transformasi social yang seringkali tidak terkontrol dan sulit dikendalikan. Nilai-nilai sosial menjadi kehilangan identitas akibat dari imperialisme ideologi global secara massif. Kehadiran sekolah menjadi salah satu institusi yang diharapkan dapat mengendalikan ‘denyut nadi’ masyarakat. Pendidikan melalui sekolah dapat memetakan nilai-nilai social yang menjadi identitas baku, yang dapat mengalami modifikasi sejalan arus zaman, dan ranah kreativitas dalam menumbuhkan pola hidup positif dalam tatanan social di masyarakat. Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal berfungsi untuk melaksanakan tugas konservatis, progresif, dan mediasi. Sekolah berfungsi untuk penyesuaian diri anak dan stabilisasi masyarakat, yakni mengembangkan pribadi dan pembentukan kepribadian, transmisi kultural, integrasi sosial, inovasi, dan pra-seleksi dan pra-alokasi tenaga kerja. Masyarakat mengalami dinamisasi dan transformasi secara positif jika dikawal dengan pendidikan di sekolah yang berkualitas.