Jurnal Kurikulum Pendidikan Agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin; Aman dan Sehat bagi perkembangan Ruhani peserta didik
Abstract
Tujuan penulisan makalah ini untuk memafarkan model kurikulum berbasis rahmatan lil alamin. Istilah kurikulum berbasis rahmatan lil alamin, pertama kali di perkenalkan oleh direktorat jenderal pendidikan tinggi Islam Prof. Dr. Kamaruddin Amin, untuk mengantisivasi maraknya radikalisme yang terjadi di indonesia, khusunya dikalangan pelajar.Perumusan kurikulum berbasis rahmatan lil alamin harus dapat ditinjau dari tiga aspek yaitu: pertama, fungsi-fungsi kurikulum sebagai sebuah hasil rumusan yang dapat digunakan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lluaran yang dapat menjadi rahmat. Kedua, dari sudut pandang keilmuan Ketiga, dari segi kemanfaatan dan penerapan kurikulum. Simpulan makalah ini adalah bahwa 1). kurikulum berbasis rahmatan lil alamin adalah perangkat dan acuan dalam proses belajar mengajar, untuk menjawab tantangan zaman dan memenuhi kebutuhan peserta didik, tidak hanya dalam hal mendapatkan pekerjaan akan tetapi dapat menjadi pedoman hidup bagi peserta didik dan mampu mendatangkan rasa aman dan kebahagiaan. 2) Kurikulum berbasis rahmatan lil alamin merupakan pedoman yang menjadi acuan pembelajaran yang dibentuk dengan memerhatikan Pertama, fungsi-fungsi kurikulum sebagai sebuah hasil rumusan yang dapat menjadi acuan dalam proses belajar mengajar sehingga dapat menghasilkan lluaran yang dapat menjadi rahmat. Kedua, dari sudut pandang keilmuan Ketiga, dari segi kemanfaatan dan penerapan kurikulum.
Kata Kunci: Kuriklum, Pendidikan Agama Islam, Rahmatan Lil Alamin