Jurnal Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Dan Pengamalan Ajaran Agama Islam

Jurnal pendidikan dan pemikiran islam

  • SULFINA
Keywords: Strategi Guru, Minat Belajar, Pengamalan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar dan pengamalan ajaran Islam peserta didik di SMP Negeri 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang.  Hasil penelitiannya adalah 1) Minat belajar peserta didik  di SMP Negeri 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang masih kurang. Hal ini terjadi karena beberapa  faktor. Faktor yang mempengaruhi adalah kurangnya minat dan kesadaran peserta didik yang menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik terhadap pelajaran pendidikan agama Islam, adanya ujian nasional, penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dan kurangnya dukungan dari keluarga. 2) Pengamalan Ajaran Agama Islam Bagi Peserta Didik  SMP Negeri 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang sudah cukup baik namun sebaiknya selalu dikemas dengan tuntunan yang telah digariskan oleh aturan normatif yang berlaku, karena pendidikan agama Islam bertujuan  mencetak, serta membina generasi muda yang berakhlakul karimah, kreatif dan santun. 3) Upaya pengembangan strategi pembelajaran yang dilakukan guru tidak terlepas dari beberapa faktor. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya koordinasi yang baik antara kepala sekolah, guru kelas dan guru PAI untuk mengikuti pelatihan, training, lokakarya dan workshop pendidikan yang diadakan baik di sekolah maupun di luar sekolah; lokasi yang cukup tenang, jauh dari keramaian sehingga dapat membantu peserta didik belajar dengan tenang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya partisipasi orang tua dalam memantau belajar peserta didik saat di rumah dan kurangnya fasilitas yang memadai seperti: buku pegangan peserta didik yang masih sangat terbatas.

Published
2019-12-13
Section
Articles