Jurnal Pengembangan Model Pelatihan Pengelolaan Emosi Anak Usia Dini

Jurnal pendidikan dan pemikiran islam

  • Andi Tein Asmara Palintan Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: manajemen emosi, anak usia dini, pelatihan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) deskripsi pelaksanaan pembelajaran pada pelatihan manajemen emosional anak usia dini yang dilakukan saat ini, (2) deskripsi model pelatihan manajemen emosional hipotetik pada anak usia dini, dan (3) deskripsi model operasional pada pelatihan manajemen emosional pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi): namun, penelitian hanya terdiri dari tiga fase, yaitu analisis, desain dan pengembangan. Hasil akhir dari penelitian ini adalah model pelatihan manajemen emosional anak usia dini dan paket pembelajaran dalam bentuk Modul CERIA (Cerdaskan Emosi Anak). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa; (1) Implementasi pembelajaran manajemen emosional pada anak usia dini yang dilakukan di lapangan menemukan bahwa guru prasekolah mengalami kesulitan dalam mengembangkan aspek emosional anak. Proses pembelajaran di kelas sangat monoton dalam satu aspek pengembangan saja. Namun, pembelajaran yang dilaksanakan kurang kemampuan bagi anak-anak dalam mengelola emosi mereka sendiri. (2) Model hipotesis pelatihan manajemen emosional anak usia dini dalam bentuk desain pelatihan dan Modul "CERIA" dikonfirmasi sebagai valid oleh para ahli. (3) Model operasional pelatihan manajemen emosi anak usia dini telah memenuhi kriteria yang diterima berdasarkan hasil akseptabilitas yang diperoleh 94%. Efektivitas uji coba model berdasarkan pada pengisian daftar pertanyaan tanggapan guru dengan respons positif guru pada model yang dikembangkan.

Kata Kunci: manajemen emosi, anak usia dini, pelatihan

Published
2019-12-13
Section
Articles