Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Ilmiah Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling

  • Eli Hami
Keywords: Pemikiran Ilmiah Tentang Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kemampuan berpikir dan prestasi akademik mahasiswa, serta mengetahui tingkat korelasi antara kemampuan berpikir ilmiah dengan prestasi akademik mahasiswa pada Jurusan Bimbingan dan Konseling di STKIP Muhammadiyah Enrekang. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat skor rerata akumulasi kemampuan berpikir ilmiah sebesar 3, 03 dengan kategori baik, sedangkan prestasi akademik mahasiswa ditunjukkan dengan skor rerata hasil penelitian sebesar 3,02 dengan kategori sedang. Korelasi antara kemampuan berpikir ilmiah dengan prestasi akademik ditunjukkan dengan harga koefisien rhitung sebesar 0,703 yang secara kontinum berada pada interval 0,600 sampai dengan 0,800 dengan kategori sedang, atau dengan memperbandingkan harga kritik r pada tabel product moment, dimana rhitung = 0,703 ˃ rtabel = 0,304 untuk taraf signifikan 1% sehingga dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan, bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan berpikir ilmiah dengan prestasi akademik mahasiswa pada Jurusan Bimbingan dan Konseling di STKIP Muhammadiyah Enrekang.

Published
2019-10-15
Section
Articles