ISTIQRA' Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Materi Keselamatan Berlalu Lintas Siswa Kelas IV MI Al Munawwarah Parepare Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

  • Murniati Hi Ukkas Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Minat, prestasi belajar, Picture And Picture

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat dan hasil belajar  siswa kelas IV MI Al Munawwarah Parepare dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture pada semester I tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Munawwarah Parepare sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validasi data menggunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada kondisi awal, presentase jumlah siswa aktif sebesar  4 siswa  atau 28,57% menjadi 8 siswa  atau 57,15% pada siklus 1, dan 12 siswa atau 85,71% pada siklus 2 sehingga memenuhi target pencapaian siklus. Nilai rata-rata kondisi awal sebesar 22,86%  atau 8  dilihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal, pada siklus 1  sebesar 51,43% atau 18 siswa dan pada siklus kedua sebesar 88,57% atau 31 siswa.  Nilai rata-rata kondisi awal sebesar 52,14, pada akhir siklus 1 adalah 65,00 dan pada siklus kedua sebesar 75,71 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata kelas sudah mencapai target yang ditentukan (70) sehingga memenuhi target pencapaian siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar pembelajaran  materi keselamatan berlalu lintas siswa kelas IV MI Al Munawwarah Parepare Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Minat, Prestasi Belajar, Picture And Picture

Published
2023-06-05