UPAYA SOLUTIF DALAM MENGATASI HAMBATAN PENGIMPLEMENTASIAN KOMPONEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Satriani Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado
Keywords: Upaya Solutif, Hambatan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Misi utama Pendidikan Agama Islam adalah membina kepribadian peserta didik secara utuh dan harapan kelak mereka akan menjadi ilmuwan yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt., mampu mengabdikan ilmunya untuk kesejahteraan umat manusia. Profil di atas merupakan tolok ukur sosok manusia Indonesia yang utuh dan diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan dalam perkembangan global. Penelitian ini merupakan library research, peneliti akan membahas tentang pengertian Pendidikan Agama Islam, tujuan, hambatan dan upaya solutif dalam mengatasi hambatan pengimplementasian komponen pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Melihat keberadaannya di sekolah, secara institusional implementasi Pendidikan Agama Islam terikat oleh sistem persekolahan yang cenderung menganut sistem pendidikan sekuler. Di satu sisi Pendidikan Agama Islam merupakan sub sistem dari sistem pendidikan nasional, namun di sisi lain Pendidikan Agama Islam merupakan sub sistem dari sistem pendidikan Islam yang dituntut mengembangkan sistem materi dan pengolahan tersendiri sesuai dengan karakteristik pendidikan Islam. Oleh karena itu, persoalan yang dihadapi Pendidikan Agama Islam di sekolah sangat berbeda dengan persoalan pendidikan Islam secara keseluruhan. Untuk itu perlu adanya upaya solutif dalam mengatasi hambatan pengimplementasian komponen pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah agar misi utama Pendidikan Agama Islam bisa terwujud.

Published
2020-06-29
Section
Articles