PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI 43 PAREPARE

  • Sahabuddin UPTD SD Negeri 43 Parepare
Keywords: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe STAD, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pada Mata pelajaran IPA Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa Kelas V UPTD SD Negeri 43 Parepare pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 26 siswa. Tindakan yang diberikan pada siklus I dan II adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung dan tes hasil belajar yang diberikan pada akhir siklus. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data awal sebelum penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata pra tindakan sebesar 69,80 dengan ketuntasan belajar yang dicapai oleh 9 siswa 34% kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 73,00 dan siswa yang sudah mencapai KKM ada 14 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 54% kemudian meningkat lagi pada siklus II. Ketuntasan belajar pada siklus II 88% yang dicapai oleh 23 siswa dengan rata-rata 81,50.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPA siswa kelas V UPTD SD Negeri 43 Parepare agar efektif perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut: a) pembagian kelompok hendaknya lebih heterogen dengan memperhatikan perbedaan prestasi akademik siswa, komposisi lawan jenis dalam tiap kelompok hendaknya perlu seimbang, begitu juga dengan kondisi kepribadian siswa hendaknya jangan mengelompokan siswa yang pendiam dengan siswa pendiam, b) adanya menejemen waktu dalam setiap pemberian tugas kepada siswa, c) pembagian tugas bagi semua anggota kelompok, dan d) adanya penghargaan kelompok yang lebih menarik

Published
2024-01-02