UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKN TENTANG KEDAULATAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX.4 UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE

  • Maria Palette UPTD SMP Negeri 4 Parepare
Keywords: Think, Pair Share, PPKn

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn tentang kedaulatan peserta didik Kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS). Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare dengan jumlah peserta didik 27 orang peserta didik yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II yang dilaksanakan masing-masing sebanyak 2 kali pertemuan. Hasilnya peningkatan belajar peserta didik Kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) ini pada siklus I masuk dalam kategori Cukup, sedangkan pada siklus II mengalami kemajuan dengan kategori Baik terdapat peningkatan hasil belajar PPKn tentang kedaulatan peserta didik Kelas IX.4 UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS), baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
Dari hasil penelitian menunjukan Penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) terbukti efektif digunakan dalam rangka meningkatkan pemahaman belajar peserta didik kelas IX.4 pada mata pelajaran PPKn tentang kedaulatan di UPTD SMP Negeri 4 Kota Parepare dengan ketuntasan Siklus I 62% kategori Cukup meningkat pada siklus II mencapai 88% dan tergolong dalam kategori Sangat Tinggi. Hasil analisis data disimpulkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap PPKn tentang kedaulatan.

Published
2024-01-02