UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA MATERI SENI TARI TRADISIONAL MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KOOPERATIF TIPE FLASH CARD TEKNIK CONSTANT TIME DELAY (CTD) PADA SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 4 PARE

  • Hj. Ratnawati Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Hasil Belajar, Kooperatif Tipe Flash Card Teknik Constant Time Delay (CTD)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk, 1. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Seni Budaya setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis kooperatif tipe Flash Card Teknik Constant Time Delay (CTD) pada siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare, 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar Seni Budaya setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis kooperatif tipe Flash Card Teknik Constant Time Delay (CTD) pada siswa Kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Parepare.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Menggunakan 2 siklus dengan langkah-langkah antara lain perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII.1 UPTD SMP Negeri 4 Parepare dengan jumlah keseluruhan 20 orang siswa pada tahun pelajaran 2023/2024.
Teknik pengumpulan data dengan Implementasi RPP dan Instrumen Evaluasi dan Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Untuk analisis kuantitatif digunakan analisis deskriptif yang terdiri atas rata-rata, median, standar deviasi, maksimum dan minimum yang diperoleh siswa pada tes siklus. Dari hasil observasi dianalisis secara kualitatif untuk melihat rata-rata dan persentase kehadiran dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut; 1. Rata-rata hasil tes belajar pelajaran Seni Budaya pokok bahasan Seni Budaya di Indonesia adalah sebesar 60,50 % dan tergolong dalam kategori sedang. Dan pada siklus II adalah meningkat secara signifikan sebesar 87,65 % dan tergolong dalam kategori tinggi. 2. Model pembelajaran kooperatif tipe Flash Card Teknik Constant Time Delay (CTD) sangat efektif digunakan untuk mengembangan dan meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa, khususnya pada siswa kelas VIII.1 UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yang mengalami peningkatan nilai yang sangat signifikan pada siklus II.

Published
2024-01-02