USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS ASPEK KEAHLIAN MEMBACA (READING SKILL) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN PQ4R SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE KECAMATAN UJUNG KOTA PAREPARE

  • Hartati UPTD SMP Negeri 4 Parepare
Keywords: Hasil Belajar, Aspek Keahlian Membaca (Reading Skill), Model Pembelajaran Kooperatif, Pendekatan PQ4R

Abstract

Tujuan dari penelitian ini dirancang untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran berbasis PQ4R dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Menggunakan 2 siklus dengan langkah-langkah antara lain perencanaan, tindakan, evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang menempuh pendidikannya pada tahun pelajaran 2023/2024.
Teknik pengumpulan data dengan Implementasi RPP dan Instrumen Evaluasi dan teknik analisis data kuantitatif digunakan analisis deskriptif yang terdiri atas rata-rata, median, standar deviasi, maksimum dan minimum yang diperoleh siswa pada tes siklus. Dari hasil observasi dianalisis secara kualitatif untuk melihat rata-rata dan persentase kehadiran dan aktivitas siswa pada saat pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut; (1). Rata-rata hasil belajar Bahasa Inggris aspek kemampuan membaca teks, adalah sebesar 47,46 % dan tergolong dalam kategori sedang pada siklus I. Dan pada siklus II adalah sebesar 77,11 % dan tergolong dalam kategori tinggi. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe PQ4R terbukti mampu untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mengalami peningkatan nilai hasil belajar secara signifikan pada siklus II.

Published
2024-01-02