STUDI KOMPARATIF TERHADAP KEMAMPUAN BACA Al-QUR’AN FORMAL DAN NON FORMAL (SMPN 2 BARANTI DAN TPA AL-IKHLAS BENTENG KAB SIDRAP)

  • Andi Fitriani Djollong Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muh. Subir Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Komparatif, Kemampuan Baca Al-Qur’an, SMP dan TPA

Abstract

Penelitian memiliki tujuan membandingan kemampuan bacaan Al-Qur’an peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Baranti dan TPA Al Ikhlas Benteng Kabupaten Sidrap.
Hasil penelitian 1) Skor rata-rata kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik di SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap dari pengetesan 10 orang secara langsung/tatap muka adalah 67,1 (Baik). 2). Skor rata-rata kemampuan baca Al Qur’an peserta didik di TPA Al Ikhlas Benteng Kabupaten Sidrap dari pengetesan 10 orang secara langsung/tatap muka adalah 79,6 (Sangat Baik). 3) Ada perbedaan antara skor rata-rata kemampuan baca Al-Qur’an peserta didik SMP Negeri 2 Baranti Kabupaten Sidrap dengan TPA Al Ikhlas Benteng Kabupaten Sidrap dengan selisih skor sebesar 12,5. Sedangkan model pembelajaran tidak terdapat perbedaan terlalu besar. Keduanya menggunakan model pembelajaran yang sama hanya saja waktunya frekuensi waktunya berbeda.

Published
2024-01-02