PENGGUNAAN FASILITAS BELAJAR PADA PEMBALAJARAN PAI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH KALOSI

  • Andi Abd. Muis Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Muhandes Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Parepare
Keywords: Fasilitas Belajar, Pendidikan Agama Islam, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami penggunaan fasilitas belajar pada pembelajaran PAI, hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI, dan penggunaan fasilitas belajar terhadap peningkatan hasil belajar pembelajaran PAI pada peserta didik di SMA Muhamadiyah Kalosi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berlokasi di SMA Muhammadiyah Kalosi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (Field Research). Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data skunder. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu, lembar observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan fasilitas belajar pada pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Kalosi sudah maksimal dan didukung dengan adanya fasilitas yang memadai sehingga dapat dijadikan pendukung dalam menunjang ketertarikan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah Kalosi terbilang cukup baik pada ranah kognitif dan afektif, tetapi masih cukup kurang dalam ranah psikomotrik, dapat dilihat dari keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran serta nilai rata-rata raport yang sangat memuaskan. Penggunaan fasilitas belajar pada pembelajaran PAI terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah Kalosi memiliki pengaruh positif dan signifikan yang ditandai dengan meningkatnya minat belajar serta keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.

Published
2024-01-02