IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK KPR BERSUBSIDI PADA KANTOR LAYANAN SYARIAH DI PT. BANK SULSELBAR CABANG PAREPARE

  • Abdul Rahman Aras UM Parepare
  • Yeyen Maryeni UM Parepare
Keywords: Implementasi, Murabahah, KPR Bersubsidi

Abstract

Penelitian ini membahas Implementasi Akad Murabahah pada Produk KPR Bersubsidi pada Kantor Layanan Syariah di PT.Bank Sulselbar Cabang Parepare, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dengan sumber data primer dan sekunder dari hasil wawancara dengan Staf  dan Nasabah Kantor Layanan Syariah  PT. Bank SulseBar Cabang Parepare, serta dokumentasi melalui literatur-literatur ke pustakaan serta buku-buku yang relevan dengan penelitian ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik Pengelolaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Subsidi di Kantor Layanan Syariah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Parepare dalam implementasi akad murabahah dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabahah, dimana Kantor Layanan Syariah pada PT. Bank Sulselbar Cabang Parepare dalam melakukan transaksi akad murabahah pada produk KPR Bersubsidi belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan Fatwa MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000. Dimana rumah yang menjadi barang objek tersebut sudah harus menjadi milik bank sedangkan dalam praktinya rumah tersebut belum menjadi hak milik bank, namun bank lebih mengikat dahulu nasabah dalam penyelesaian akad tersebut, kemudian bank baru menyelesaikan poses jual beli rumah tersebut dengan developer.

Published
2021-05-03