PENINGKATAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI GULING BELAKANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAIKEM KELAS IV SD NEGERI 88 PAREPARE

  • Laganing SD Negeri 88 Parepare
Keywords: Pembelajaran, Guling Belakang, PAIKEM

Abstract

Belum terpenuhinya kriteria ketuntasan dalam pembelajaran senam guling belakang anak kelas IV SD Negeri 88 Parepare yang ditetapkan sekolah sebesar 85% menjadikan penulis mengadakan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran senam guling belakang melalui pendekatan PAIKEM pada siswa kelas IV SD Negeri 88 Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dan setiap seklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 88 Parepare yang berjumlah 34 siswa (putra 14, putri 20). Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar guling belakang. Teknik analisis data pada penelitian ini dinilai secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PAIKEM dapat meningkatkan pembelajaran guling belakang pada siswa kelas IV. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolabolator dan peneliti diperoleh nilai tes awal 20,59 dan mendapat kesimpulan bahwa proses pembelajaran guling belakang melalui pendekatan PAIKEM terjadi peningkatan sebesar 70,59 pada pembelajaran senam lantai untuk kelas IV SD Negeri 88 Parepare.

Published
2020-07-28
Section
Articles