PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 46 PAREPARE

  • Yosepina SD Negeri 46 Parepare
Keywords: Hasil belajar, Tematik, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Dari hasil observasi peneliti pada sekolah SD Negeri 46 Parepare, terlihat siswa kurang bergairah di dalam belajar pada saat mengikuti pembelajaran dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Oleh karena itu, penulis mencoba melakukan upaya untuk menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Adapun rumusan masalah adalah Bagaimanakah aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran temati dengan PBL di kelas V SD Negeri 46 Parepare. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahuai aktivitas guru dan siswa dalam tema 3 subtema 1 pelajaran 2 serta meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dengan PBL di kelas V SD Negeri 46 Parepare.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK),dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SD Negeri 46 Parepare yang berjumlah 15 orang siswa dengan KKM individual 75 dan klasikal 80%, sedangkan teknik pengumupulan data menggunakan: (1) Observasi, (2) test kemudian dianalisis  dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 66,6, siklus II memproleh nilai 82,1 dan pada siklus III memperoleh Nilai 89.2 (2) kemampuan guru pada siklus I memperoleh nilai 67,86, siklus II memperoleh nilai 85,7 dan siklusIII memperoleh nilai 91. (3) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 53,3 , pada siklus II 73,3 dan pada siklus III memperoleh nilai 86,7. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based learning dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 46 Parepare.

Published
2020-07-28
Section
Articles